OrangTUA, Ini Dia Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi yang Efekif dan Aman !

Muncul biang keringat di leher, ketiak, selangkangan atau pangkal paha, dada bagian atas, kepala, dahi, punggung, perut, atau lipatan kulit bayi lainnya? Yuk, Bunda, terapkan cara mengatasi biang keringat pada bayi berikut ini.

Biang keringat bisa muncul akibat cuaca yang lembap dan panas atau jika si Kecil demam. Selain itu, bisa juga karena pori-pori kulit buah hati tersumbat dan keringat tidak bisa keluar. Bayi dan anak-anak sangat rentan terkena biang keringat karena pori-pori kulit mereka lebih kecil dibandingkan pori-pori orang dewasa dan kelenjar dan saluran keluar keringat belum sepenuhnya berkembang.

Biang keringat kebanyakan bisa sembuh dan hilang sendiri dalam beberapa hari (kecuali jika biang keringat terjangkit infeksi). Namun, Bunda juga bisa mengurangi rasa gatal dan rasa tidak nyaman yang dialami si kecil akibat biang keringat. Berikut beberapa cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa Bunda terapkan:

Hindari udara panas dan lembap

Cara mengatasi biang keringat pada bayi bisa Bunda mulai dengan memindahkan si Kecil ke ruangan yang sejuk dan teduh. Jika Bunda menggunakan AC dan kipas angin, disarankan untuk tidak mengarahkan angin langsung ke tubuh si Kecil. Selain itu, apabila hendak keluar rumah, jangan lupa untuk membawa kipas dan topi untuk buah hati. Oh iya Bunda, pastikan juga si Kecil minum cukup banyak air. Gunanya, untuk mengganti semua cairan yang hilang melalui keringat agar bayi tidak mengalami dehidrasi.

Pakaian

Disarankan untuk memilih pakaian dari serat alami untuk si kecil. Hindari memakaikan pakaian dari kain sintetis, seperti poliester dan nilon. Mengapa? Ini karena kain sintesis dapat memerangkap panas. Selain itu, cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa Bunda lakukan adalah melonggarkan pakaian yang dikenakan si Kecil, atau bahkan tidak memakaikan pakaian atau popok pada si Kecil.

Jangan sering digendong

Menggendong si Kecil ketika cuaca panas tidak disarankan apabila Bunda ingin mengatasi biang keringat pada bayi. Apabila dilakukan, si Kecil harus berhadapan dengan dua sumber panas, yaitu cuaca dan suhu tubuh Bunda. Dianjurkan untuk menidurkan si Kecil di ranjang dan membiarkannnya berbaring, merangkak, atau berjalan-jalan sendiri ketika bangun. Semakin jarang digendong, bayi justru tidak akan kepanasan.

Menjaga kulit bayi tetap dingin

Dinginkan kulit si Kecil yang terjangkit biang keringat menggunakan kain basah dingin. Atau, bisa juga Bunda memandikan si Kecil sebagai cara mengatasi biang keringat pada bayi. Biarkan kulit si Kecil kering dengan sendirinya daripada menggunakan handuk.

Gunakan lotion dan krim hanya bila diperlukan

Jika si Kecil menangis ketika Bunda menyentuh kulitnya, oleskan lotion calamine pada kulitnya. Namun, jangan sampai mengoleskan lotion pada kulit di dekat mata si Kecil. Jika biang keringat si Kecil sangat parah, gunakan krim hidrokortison sesuai saran dokter. Disarankan untuk tidak menggunakan salep dan lotion jenis lainnya karena dapat membuat ruam menjadi parah.

Cara mengatasi biang keringat pada bayi di atas bisa Bunda coba sendiri di rumah. Sekali lagi, biang keringat biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Namun, jangan ragu-ragu untuk segera menemui dokter apabila suhu tubuh si Kecil lebih dari 38 derajat Celcius dan ruam tidak hilang setelah tiga atau empat hari, tampak semakin parah, dan terinfeksi.

0 Response to "OrangTUA, Ini Dia Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi yang Efekif dan Aman !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel