Sungguh Luar Biasa Ternyata Buah Bisbul Adalah Buah yang Mengandung Riboflavin!!Ini dia Khasiat Riboflavin bagi Kesehatan Kita

Pernah makan buah bisbul? Di Indonesia, bisbul juga dikenal dengan sebutan buah mentega. Buah langka yang berasal dari Filipina ini masih berkerabat dengan kesemek. Di negara asalnya, buah bisbul disebut kamagong dan hidup liar di hutan-hutan.

Kandungan gizi dari buah mentega

Manfaat buah mentega sendiri memiliki banyak sekali kandungan gizi, seperti ciri khas buah-buahan lainnya yang sering dikonsumsi. Berikut ini adalah kandungan gizi dari buah mentega :

  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Tiamin
  • Riboflavin


Mau tahu apa khasiatnya bagi tubuh? Berikut adalah lima khasiat buah bisbul bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir organicfacts.


1. Kesehatan jantung

Buah mentega mengandung banyak kalium yang dapat membantu merenggangkan pembuluh darah, mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, dan menurunkan tekanan darah.

Kandungan serat yang melimpah pada buah ini juga bisa menurunkan kolesterol, sehingga dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis, bekuan darah, serangan jantung, dan stroke. Anda bisa mengonsumsi buah ini untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

2. Menjaga sirkulasi darah

Kandungan zat besi yang melimpah dalam bisbul dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Zat besi juga bisa meningkatkan oksigenasi jaringan penting dan kelompok otot, merangsang pertumbuhan rambut, mempercepat proses penyembuhan sel-sel, dan meningkatkan efisiensi metabolisme. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan sirkulasi darah, tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah langka ini.

3. Kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang ditemukan pada bisbul dapat membantu meningkatkan proses pencernaan, sehingga dapat mengurangi risiko sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Dalam pengobatan tradisional Filipina, bisbul sering dipakai untuk menyembuhkan disentri dan diare.

4. Meningkatkan kesehatan pernapasan

Di Filipina, buah ini juga sering digunakan untuk meredakan batuk, sesak di dada, dan asma. Hal itu kemungkinan besar karena tingginya kandungan vitamin dan mineral pada bisbul, yang juga berkontribusi terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh.

5. Sistem kekebalan tubuh

Buah bisbul kaya akan vitamin C dan vitamin A, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan dapat melawan radikal bebas yang dapat bermutasi atau membunuh sel-sel sehat di tubuh. Kedua vitamin itu juga dapat mencegah penuaan dini, merangsang pertumbuhan, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Inilah lima manfaat menakjubkan yang tersembunyi dalam legitnya buah langka bisbul. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda! 
Back To Top