Jempol Kaki Kamu Sering Cantengan, Cukup Dengan Sepotong Jahe, Di Jamin Jempol Kamu Sembuh Secara Permanen..!!

Mengobati kuku cantengan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satu yang bisa dilakukan ialah dengan cara alami atau tradisional. Cara mengobati cantengan jempol kaki bernanah dan bengkak dengan menggunakan bahan-bahan yang alami.

Jari-jari kaki atau tangan sering mengalami gangguan salah satu diantaranya ialah terletak pada kuku-kuku jari kaki atau tangan, gangguan pada kuku jari kaki / tangan ialah yg disebut dengan catengan.

Cantengan termasuk keluhan yg sering dirasakan oleh masyarakat umum dan sepertinya hampir semua orang pernah mengalami cantengan ini. Cantengan memiliki istilah di berbagai wilayah diantaranya istilah dalam bahasa sunda, cantengan disebut juga " bodo eusi atau kekeongeun". Sedangkan dalam bahasa inggris cantengan disebut dengan "whitlow".

Sementara itu dalam dunis medis cantengan disebut dengan "paronychia" yaitu kondisi yang mana sudut ujung jari menjadi bengkak, sakit, dan berwarna kemerahan, akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit.

Umumnya cantengan lebih sering terjadi pada kuku jari kaki terutama pada jempol kaki dibandingkan dengan jari kaki lainnya dan juga jarang terjadi pada kuku jari tangan.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan cantengan yaitu sisi kuku tumbuh ke dalam kulit, beberapa faktor penyebab cantengan tsb antara lain :
  • Akibat sering mengenakan kaos kaki atau sepatu yang sempit
  • Memotong kuku terlalu pendek atau tidak rapi Memotong sisi kuku secara alami memang memiliki kuku yang melengkung ke dalam
  • Cedera seperti tersandung.
  • Dan beberapa faktor penyebab lainnya yg bisa menyebabkan cantengan
  • Selain bengkak, rasa nyeri, dan kemerahan pada sudut ujung jari, gejala cantengan lainnya adalah penumpukan cairan ( edema ) dan luka keluar nanah. Cantengan dengan adanya luka tsb mudah terinfeksi oleh kuman, parasit, jamur ataupun bakteri sehingga kulit di sekitar area yang terkena cantengan dapat mengalami peradangan dan tumbuh secara tidak normal.


Biasanya rasa sakit akan menjadi-jadi apabila jari yang cantengan tersentuh atau tertekan sesuatu. Dalam beberapa kasus cantengan bisa menjadi kondisi yg cukup parah dimana luka cantengan tersebut bernanah dan bahkan menjadi sangat bengkak dan terasa sakit jika tersentuh atau tertekan.

Dan sangat penting juga untuk melakukan pencegahan cantengan, berikut beberapa pencegahan cantengan, antara lain seperti :

  • Jangan memotong kuku secara melengkung mengikuti lengkungan ujung jari. Potonglah kuku secara lurus.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek.
  • Singkirkan kulit-kulit keras atau kulit mati di sekitar kuku dengan menggunakan kikir khusus kuku atau batu apung.
  • Gunakan kaos kaki atau sepatu yang nyaman dan tidak menekan jari kaki.
  • Jagalah selalu kebersihan kaki dan gunakan pelembap.
  • Jika perlu, kunjungilah dokter secara rutin untuk memeriksakan kesehatan kaki Anda.


Cara mengobati catengan jempol kaki bernanah dan bengkak bisa dilakukan dengan penanganan di rumah, namun jika memang sudah cukup parah bisa dilakukan dengan tindakan medis oleh dokter.

Berikut langkah-langkah penangan catengan di rumah

Salah satu tanaman herbal yang dijadikan bumbu ini sering sekali digunakan untuk obat-obatan herbal. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan parutan jahe sebagai obat herbal cantengan Anda. Cara menggunakannya, Anda cukup mencampurkan parutan jahe dengan minyak kelapa secukupnya lalu dioleskan pada daerah yang luka dan diperban.

Semua artikel Herbal pada situs ini hanya bersifat informasi dan tidak untuk menggantikan pendapat ahli, dokter, atau profesional. Konsultasikan pada ahlinya sebelum anda menggunakan resep herbal pada situs ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel