Waspada 7 Gejala Usus Buntu Yang Wajib Kamu Ketahui !

Usus buntu merupakan organ yang berbentuk tabung kecil dan tipis, ukurannya sekitar 5-10 cm yang terhubung dengan usus besar. Entahlah mengapa tubuh kita mempunyai usus buntu karena apabila diangkat pun tak berpengaruh pada kesehatan. Mungkin agar kita harus selalu berhati-hati terhadap asupan makanan dan selalu menjaga kesehatan tubuh. Namun, jika usus buntu mengalami peradangan atau pembengkakan, akan menyebabkan penyakit usus buntu.


Menurut Michael Payne, seorang pakar gastroenterologist di Cambridge Health Alliance mengungkapkan bahwa usus buntu merupakan penyakit yang umum terjadi dan kebanyakan orang tak merasakan gejala atau tanda usus buntu yang ekstrim. Sehingga, memerlukan pemeriksaan dokter lebih detail untuk memperoleh kepastian tentang penyakit ini. Inilah gejala usus buntu yang perlu kamu perhatikan dan waspadai.

Pertama Merasakan nyeri di perut

Nyeri karena usus buntu biasany dirasakan pada bagian kanan bawah perut. Gejala pertama jika kamu terkena usus buntu yaitu terasa nyeri di dekat pusar lalu menjalar ke perut bagian bawah. Sakit ini akan semakin terasa saat kamu menggerakkan perut atau kaki, saat bersin, batuk, dan dalam kondisi tersentak. Sedangkan pada anak-anak dan ibu hamil, akan merasakan nyeri pada bagian perut yang berbeda.

Ke-dua Mengalami demam ringan dan menggigil

Jika usus buntu mengalami masalah, kamu akan mengalami demam ringan yang disertai dengan badan gemetar dan menggigil. Menurut Dr. Payne, apabila kamu merasakan sakit di perut yang disertai demam tapi masih dapat berdiri tegak, tak usah khawatir terkena usus buntu. Berbeda halnya jika kamu mengalami sakit perut parah dan demam sehingga tidak bisa berdiri tegak, maka bisa jadi kamu terkena gejala usus buntu.

Ke-tiga Kehilangan nafsu makan

Gejala ini paling sering dirasakan bila seseorang sedang sakit. Ketika dirimu terserang usus buntu, dalam beberapa saat akan kehilangan nfasu makan yang disertai dengan mual dan muntah ketika sedang makan. Sama seperti gejala yang ditimbulkan sakit maag. Apabila kejadian ini berulang-ulang bahkan semakin buruk dan mengalami diare selama beberapa hari, segeralah kunjungi dokter dan utarakan semua keluhanmu.

Empat Mengalami diare

Adanya penyakit usus buntu, membuat penderita mengalami sakit perut yang luar bisa dan disertai diare. Cairan yang dikeluarkan oleh tubuh pun berbeda dengan diare biasanya, cairannya lebih kental bagai lendir yang intens.

Lima Mengalami kembung

Perut kembung akan kamu rasakan berhari-hari dan cukup lama, perutmu akan semakin berat dan terasa nyeri pada daerah usus. Perut kembung ini tak bisa disembuhkan dengan minyak kayu putih dan minuman hangat. Jika mengalami ini segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyakit yang ada di dalam ususmu.

Enam Sering buang gas

Selain mengalami kembung, tubuh juga akan lebih sering mengeluarkan gas. Gejala ini sama seperti ketika kamu terkena masuk angin. Buang gas ini berlangsung selama beberapa hari dan disertai rasa nyeri pada bagian kanan bawah perut.

Terahir Nyeri saat bergerak

Ketika tubuhmu bergerak, maka akan merasakan nyeri tak tertahankan. Apalagi saat batuk dan bersin akan terasa sangat menyakitkan. Rasa nyeri ini seperti nyeri ketika tulang patah. Nyeri ini akan menjalar sampai bagian kaki sehingga kamu benar-benar tersiksa.

Nah itu tadi ketujuh tanda yang wajib kamu waspadai mengenai penyakit usus buntu, mencegah lebih baik loh guys , kalo udah telat berabe nanti mesti oprasi yang memakan biaya tidak sedikit. Mari kita biasakan hidup sehat !
Tag : Kesehatan
Back To Top