Di Tempat Kamu Apa Nama Tanaman Ini?! Ternyata Manfaatnya Luar Biasa Loh Untuk Kaum Hawa yang Punya Masalah Keputihan Sampai Nyeri Haid.!

Apakah Anda tahu tanaman Harendong? Tanaman yang satu ini sangat mudah ditemukan terutama di kawasan perkampungan. Beberapa orang sering menjadikan Harendongsebagai lalapan nasi dan sambal karena rasanya yang enak dengan baunya yang khas.


Tanaman yang juga dikenal dengan nama Senggani ini, biasanya tumbuh di kawasan yang mendapatkan sinar matahari yang cukup seperti lereng gunung, daerah semak belukar yang tidak terlalu rimbun, dan lainnya.

Komposisi kandungan kimia yang terdapat di dalam Harendong antara lain  berupa saponin, tanin dan flavonoid. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman Harendong, mulai dari hepatitis, diare, basiler, sariawan, haid yang berlebihan, perdarahan pada bagian rahim, keracunan, berak darah, wasir darah, sariawan, dan lainnya.

Bagian tanaman yang bisa dimakan ialah daun, buah, akar dan bijinya. Wow, ternyata cukup banyak juga ya penyakit yang bisa disembuhkan dengan tanaman Harendong ini.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun harendong, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Mengatasi rasa nyeri
Khasiat daun harendong yang pertama yaitu ampuh mengatasi rasa nyeri pada tubuh. Jika Anda sering mengalami nyeri, seperti nyeri haid atau nyeri otot, Anda dapat menggunakan daun ini sebagia obatnya.

2. Baik untuk saluran kemih
Khasiat daun harendong yang tidak kalah pentingnya yaitu dapat menjadi daun alami yang akan menyehatkan saluran kemih Anda. Daun ini juga berfungsi sebagai pembersih saluran kemih dari kuman dan bakteri.

3. Mengatasi peradangan
Khasiat daun harendong dapat Anda gunakan untuk mengatasi peradangan. Manfaat daun yang satu ini disebabkan oleh kandungan alami daunnya yang memiliki sifat anti inflamasi, yaitu sifat anti peradangan.

4. Obat diare
Khasiat daun harendong akan membantu Anda untuk mengobati diare. Daun ini mengandung sejumlah senyawa anti kuman yang baik untuk membunuh kuman yang sering menyebabkan penyakit diare muncul.

5. Mencegah hepatitis
Khasiat daun harendong ternyata dapat mencegah penyakit kuning atau hepatitis. Penelitian lebih lanjut tentang daun ini menyimpulkan bahwa kandungan alaminya bisa menjadi zat sehat yang mampu mengantisipasi penyakit hepatitis.

6. Mencegah keputihan
Keputihan merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak wanita. Hal ini biasanya muncul karena faktor stress dan kurang menjaga kebersihan. Jika Anda sering mengalami keputihan, cobalah menggunakan daun harendong untuk mengatasinya.

7. Mengatasi mimisan
Manfaat daun harendong juga ampuh untuk mengatasi mimisan. Ambilah dua lembar daun ini kemudian Anda gulung dan masukan ke lubang hidung untuk menghentikan darah yang keluar saat mimisan.

8. Mengatasi racun dalam tubuh
Kegunaan daun harendong sangat bermanfaat untuk mengatasi racun dalam tubuh. Racun yang mengendap di dalam tubuh Anda bisa Anda netralisir dengan daun ini karena kandungan alaminya mempunyai sifat anti racun.

9. Obat bisul pada kulit
Siapa sangka jika daun harendong juga berkhasiat dalam mengatasi penyakit kulit seperti bisul. Daun ini akan membantu kulit Anda untuk mematangkan bisul dengan cepat, sehingga dapat mencegah infeksi pada kulit.

10. Baik untuk ibu menyusui
Kelebihan daun harendong juga dapat dirasakan oleh para ibu yang sedang menyusui. Daun ini berkhasiat untuk menambah produksi ASI pada ibu menyusui sehingga kebutuhan bayi pun dapat terpenuhi.

Selain 10 manfaat dan khasiat daun harendong untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari daun ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

5 Manfaat dan Khasiat Daun Harendong Lainnya:

  • Obat sariawan
  • Mengatasi sakit tenggorokan
  • Obat wasir
  • Melancarkan siklus haid
  • Membantu menyembuhkan luka di kulit


Itulah beberapa khasiat tanaman Harendong, yang ternyata cukup banyak juga. Anda boleh percaya atau tidak, boleh menggunakannya atau tidak, namun untuk membuktikan kebenaran khasiatnya, barangkali tidak ada salahnya untuk dicoba.
Back To Top