Bawang Hitam 10 x Lebih Ampuh Mengobati Kolesterol,Hipertensi,Myom,Tumor dan Kanker. Begini Cara Membuatnya Menggunakan Rice Cooker!

Khasiat bawang hitam mungkin sangat jarang di dengar. Bahkan bukan hanya khasiat, mendengar atau mengetahui bentuk dari bawang hitam saja mungkin anda belum pernah. Hal tersebut dikarenakan biasanya anda hanya mengenali jenis bawang merah dan bawang putih. Namun, pada dasarnya bawang hitam sendiri bukanlah jenis baru dari bawang.


Bawang hitam adalah bawang putih tunggal yang di proses secara alamiah pada suhu tertentu serta dalam jangka waktu tertentu pula, sehingga menghasilkan kandungan dan formulasi kimia baru di dalamnya.

Dengan efek farmologis baru tersebut, black garlic atau bawang hitam ini sering kali di jadikan sebagai salah satu  bahan herbal dan juga suplemen untuk menjaga kesehatan, stamina dan vitalitas tubuh secara menyeluruh. Dengan melalui berbagai proses yang cukup panjang, bawang putih hasil permentasi ini berubah menjadi bawang yang memiliki warna hitam, rasa yang sedikit manis, gurih, tekstur yang lembut serta rasanya pun kenyal. Dan seperti jenis bawang lainnya, bawang hitam juga sering kali di jadikan rempah terlebih dalam masakan kelas atas.

Di Indonesia sendiri, bawang hitam masih jarang di kenal. Akan tetapi di beberapa negara lain seperti di China, Jepang dan Korea, pengguanaan bawang hitam telah di gunakan selama puluhan ribu tahun yang lalu sebagai pengobatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit, terlebih penyakit kronis seperti kanker.

Hal tersebut tidak luput dari khasiat tanaman herbal ajaib ini, yang di yakini memiliki khasiat 20 kali lebih besar di banding dengan jenis herbal lainnya. Selain itu, bawang hitam juga memiliki kemampuan 4 kali lebih besar di banding dengan bawang putih biasanya. Bahkan sebagian orang meyakini bahwa bawang putih mengandung S-allycysteine di dalamnya. S-allycysteine merupakan salah satu senyawa yang kini tengah menjadi pembicaraan hangat di tengah para ahli, sebagai salah satu komponen alami  yang terbukti mampu membantu mencegah penyakit kanker.

khasiat bawang hitam bagi tubuh dan kesehatan

Selain kanker, adapun manfaat bawang hitam di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Membantu mengobati penyakit kolesterol, hipertensi, penyakit myom, tumor dan kanker.
  • Membuat kulit menjadi lebih awet muda, cantik, dan mencegah penuaan dini.
  • Mengatasi penyakit kronis yang berhubungan dengan paru-paru seperti batuk, asam dan sesak napas.
  • Mencegah penyakit stroke dan serangan jantung.
  • Mampu memperbaiki sistem pencernaan dan proses detoksifikasi di dalam tubuh.
  • Mampu mengurangi gejala parkinson.
  • Membantu mengatasi penyakit diabetes dan meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh.
  • Membantu mengeluarkan dan membuang logam berat di dalam tubuh seperti merkuri dan lainnya.
  • Membantu mencegah penyakit alzheimer.
  • Membantu memperbaiki sel di dalam hati
  • Mampu meredakan serangan arthritis atau nyeri sendi.
  • Mampu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat bawang hitam untuk  kesehatan seperti membersihkan darah, bekerja sebagai antitoksin alami untuk mengatasi gatal-gatal dan alergi, anti radikal bebas (antioksidan), anti virus, membasmi jamur, kuman dan bakteri, antiaging, meregenerasi sel, membentuk HB darah, trombosit sehingga akan membuat pembentukan dari jaringan yang mengalami keruksakan karena operasi, infeksi serta peradangan semakin cepat.

Bagaimana cara membuat black garlic atau bawang hitam?

Cara membuat black garlic dapat di lakukan sendiri oleh anda dirumah. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan menggunakan rice cooker untuk proses pengolahannya. Waktu yang di butuhkan cukup panjang yaitu dapat mencapai 90 hari. Proses permentasi inipun dapat di singkat menjadi 40 hari hingga 20 hari, namun hasilnya akan sangat berbeda dengan yang di proses selama 90 hari. Dan proses pembuatan black garlic adalah sebagai berikut:

  1. Pilih bawang putih segar untuk membuat black garlic.
  2. Alasi rice coocker dengan 2 lembar tisu dapur, dan tata bawang puting secara tunggal (tidak di tumpuk).
  3. Tutup dengan dua lembar tissu dapur , dan tata kembali bawang putih tunggal seperti pada langkah sebelumnya.
  4. Setelah ricecooker penuh, tutup kembali dengan tisu pada bagian atasnya.
  5. ekan tombol cook pada rice cooker dan biarkan dalam keadaan warm selama 40-90 hari, dan cek selama 5 hari sekali.
  6. Setelah 40 hari bawang akan berubah menjadi hitam dan langsung bisa di konsumsi. Namun apabila ingin menghasilkan khasiat yang maksimal, membutuhkan kesabaran pengolahan yang di lakukan sampai 80-90 hari.


Nah, itulah berbagai khasiat bawang hitam bagi tubuh dan cara membuatnya yang telah kami informasikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan khususnya dapat menambah wawasan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel