Wow, Selain Enak Ternyata INILAH 5 Manfaat Kolang Kaling Untuk Kesehatan, No 4 Jadi Inceran Banyak Wanita!!

Kolang-kaling bukan cuma hidangan yang populer ketika bulan puasa tiba. Buah bernama latin Areng pinnata ini juga memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan karena kaya akan protein dan mineral.



Makin tua umur biji saat dipanen, makin keruh warnanya. Jika tekstur kolang-kaling makin liat itu menandakan makin tinggi kandungan proteinnya. Sebaliknya, makin muda umurnya, makin bening warnanya, dan makin lembut teksturnya.

Kolang-kaling mengandung sedikit karbohidrat tapi nilai kalorinya sangat kecil. Per 100 gram kolang-kaling hanya mengandung 27 kalori sehingga cocok digunakan sebagai menu berdiet. Mengenyangkan tanpa menambah kalori.

Ya, kolang-kaling bisa mengenyangkan karena menyantap 100 gram kolang-kaling, berarti kita mengasup 6 gram karbohidrat. Kandungan seratnya yang berjumlah 1,6 gram per 100 gram ini juga bisa membantu mencegah sembelit.

Tapi karena serat kolang-kaling cukup liat, sebaiknya kita mengunyahnya sampai lembut agar serat bisa bekerja optimal di usus.Lalu apa saja, sih, manfaat kolang-kaling?

Dengan kandungan nutrisi yang baik, banyak manfaat yang dapat dihasilkan oleh kolang-kaling, di antaranya:

Dapat Memperkuat Tulang

Kolang-kaling mengandung kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Dalam 100 gram kolang-kaling, mengandung 91 mg kalsium yang bisa memperkuat tulang. Sebagai informasi, kebutuhan asupan kalsium orang dewasa berusia 20-50 tahun sekitar 1.000 mg per hari.

Dapat Meredakan Radang Sendi

Kandungan zat galaktomanan pada kolang-kaling memiliki manfaat untuk menyembuhkan atau meredakan penyakit pada radang sendi. Cukup mengonsumsinya secara rutin, minimal 100 gram kolang-kaling setiap hari dengan cara merebusnya tanpa gula dan pewarna makanan.

Obat Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat kasar dalam kolang-kaling mencapai 39 persen. Artinya, kandungan serat yang cukup tinggi ini baik untuk melancarkan buang air besar sekaligus menjaga kesehatan pencernaan Anda.
Kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi pada kolang-kaling juga membuatnya lebih lama dicerna di dalam perut, sehingga dapat menekan nafsu makan dan menyimpan energi lebih lama.

Cocok Sebagai Makanan Diet

Kolang-kaling mengandung kadar air yang cukup tinggi, yaitu 94 persen sehingga membuat buah ini terasa segar saat dikonsumsi. Kadar gelatin yang dimiliki juga cukup tinggi sehingga membantu mempercepat rasa kenyang, mengurangi nafsu makan, dan mengakibatkan konsumsi makanan menurun sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

Dapat Memulihkan Stamina

Kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C serta mineral seperti potassium, zat besi, kalsium membuat kolang-kaling bisa memulihkan stamina serta kebugaran badan.

Semua artikel Herbal pada situs ini hanya bersifat informasi dan tidak untuk menggantikan pendapat ahli, dokter, atau profesional. Konsultasikan pada ahlinya sebelum anda menggunakan resep herbal pada situs ini

Back To Top