Sering Minum "ES Teh Manis" Setelah Makan?Hati-hati INILAH 6 Dampak Buruk Bagi Kesehatan No 4 Gak Nyangka Bisa Separah Itu!!

Iya.. iya.. Abis makan kemudian minum es teh manis tuh emang enak banget. Bisa dibilang hobinya orang Indonesia deh. Selain rasanya yang segar, biasanya di warung makan tenda gak punya pilihan minuman lain selain es teh manis. Jadi kebiasaan orang Indonesia, deh.

Tapi, kamu harus tau bahwa tidak selamanya es teh manis bisa menyegarkanmu setelah makan atau di tengah-tengah teriknya sinar matahari karena es teh manis memiliki beberapa dampak buruk bagi tubuhmu. Mau tau? Yuk, baca ulasannya di bawah ini!

1. Menyebabkan obesitas
Jelas bahwa es teh manis pasti menggunakan gula sebagai pemanis. Ternyata jika es dicampurkan dengan gula atau pemanis buatan lainnya, itu dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas, lho. Gak mau kan kalau baju kamu jadi melar karena salah satu bagian badanmu yaitu perut, mulai membesar? Makanya hindarin yuk!

2. Nutrisinya sulit diserap oleh tubuh
Nutrisi yang terkandung di dalam es teh manis sulit diserap oleh tubuh dikarenakan adanya bongkahan es di dalam segelas teh tersebut. Kayaknya lebih baik kalau kamu memesan teh manis hangat daripada es teh manis. Tapi, akan lebih baik lagi kalau kamu minum air mineral dong tentunya.

3. Meningkatkan tekanan darah
Walaupun kafein yang terkandung di dalam teh memang tidak begitu banyak, tetapi kafein ini dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan darah tinggi. Tapi ini hanya akan terjadi jika kamu meminumnya setiap hari dalam jumlah yang banyak, lho. Kalau memang masih jarang, ya.. tidak apa-apa. Aman!

4. Sakit ginjal?
Mulai sekarang biasakan dirimu untuk lebih banyak mengonsumsi air mineral. Memang sih, penyakit ginjal yang disebabkan dengan mengonsumsi teh bisa dibilang masih sangat jarang, tetapi tetap bisa saja terjadi. Kandungan konsentrasi oxalate lah yang dapat menyebabkan penyakit ginjal jika kamu mengonsumsi es teh manis terlalu sering dalam jumlah yang banyak.

5. Dapat menyebabkan diare kalau….
Kalau kamu memesan es teh manis di tempat makan kaki lima, seberapa yakin sih kalau air dan es batu yang mereka gunakan cukup bersih? Memang sih kita gak boleh berprasangka buruk, tapi kalau waspada, boleh kan? Air atau es batu yang digunakan untuk membuat es teh manis jika tidak bersih dapat menyebabkan kamu diare. Jangan sampai karena meminum es teh manis yang tidak bersih, kamu perlu bolak-balik ke kamar mandi nih huhu.

6. Dehidrasi
Minum es teh manis memang segar, tapi rasa segar itu hanya sementara karena kalau setelah makan kamu malah mengonsumsi es teh manis, kamu justru akan merasa semakin haus dan bisa berakibat dehidrasi. Sebisa mungkin selain memesan es teh manis, pesan juga air mineral, ya!

7. Mulai sekarang, perbanyak minum air mineral saja yuk!
Yup! Minum air mineral, atau biasanya sih orang bilang air putih, padahal airnya bening haha. Tapi, beneran deh lebih baik minum air mineral deh daripada minum es teh manis. Boleh sih sesekali minum es teh manis, tapi jangan sering. Yaa, setahun sekali cukuplah yah. 

Sudah tau kan apa bahaya terus-terusan memesan dan mengonsumsi es teh manis? Masih mau terlalu sering meminumnya? Mending mulai kurangin deh. Syukur-syukur sih bisa berhenti mengonsumsi es teh manis setelah makan. Kalau kamu sayang mantan kamu, eh maksudnya sayang tubuh kamu, mending hindarin deh yah mengonsumsi es teh manis setelah makan. 


via:yukepo
Back To Top