Luar Biasa!! Batuk Sembuh, Nyeri Sendi & Rematik Hilang, Mata Jadi Sehat Berkat Tanaman Ini! Begini CaraNya!!

Tanaman ini sering dianggap sebagai gulma oleh pak tani dan bu tani, karena sering tumbuh disela-sela tanaman budidaya. Ada yang menyebut daun sirih cina ada juga yang memanggilnya daun ketumpang air.

Tanaman ini juga banyak tumbuh disekitar rumah, dipekarangan terutama ditempat-tempat yang lembab. Selain itu banyak juga dijumpai ditanggul sawah dan tepi parit. Banyak orang yang tidak memperdulikan tanaman ini, mereka seenaknya mencabut dan membuangnya begitu saja. Padahal jika anda tahu, tanaman ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Daun sirih cina (Gynura Procumbeus) atau ketumpang air bisa dimakan, dengan cara diolah sebagai sayur atau untuk lalapan. Bisa juga dibuat jus kemudian diminum. Dengan mengkonsumsi daun sirih cina (ketumpang air) dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit dibawah ini :

– Gangguan kesehatan pada mata,
– Menyehatkan pencernaan dan melancarkan BAB,
– Mengobati batuk
– Menyehatkan dan mengatasi gangguan kandung kemih,
– Meringankan rasa sakit pada sendi dan sakit perut,
– Mengobati penyakit reumatik.


Sirih cina bisa dikonsumsi bisa dengan cara meminum rebusan, di jus atau sebagai lalapan teman makan. Adapun cara membuat rebusan sirih cina dengan menyiapkan sirih cina kira-kira segenggam tangan orang dewasa dengan direbus air sebanyak 2 (dua) gelas air. Rebus sirih cina selama 15-20 menit. Rebusan sirih cina ini dipercaya  mengobati asam urat atau encok.

Rasanya cenderung hambar namun dingin ketika dimakan menjadikannya lebih enak dikonsumsi sirih cina atau ketumpang air ini sebagai lalapan sebagai teman waktu makan Dengan di coelkan pada sambal bisa menambah selera makan.

Didaerah-daerah tertentu, sirih cina atau ketumpang  sering dijadikan bahan untuk pengobatan tradisional, yakni untuk pengobatan bengkak pada lengan dan kaki, jerawat, pegal-pegal dan sakit sendi yang diakibatkan rematik, bahkan di eropa biji dari tumbuhan ini di pasarkan secara komersil untuk dijadikan obat herbal.

Nah, mulai sekarang tanamlah daun sirih cina (ketumpang air) di polybag atau pot, selain sebagai tanaman obat juga untuk memperindah pekarangan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel