Kolesterol, Diabetes dan Stroke Sembuh Dengan Rebusan Daun Kersen, Begini Langkah-langkah Meraciknya !!

Tanaman ini sudah lama dikenal sebagai salah satu herba tradisional, manfaat daun kersen digunakan untuk mengobati diabetes, stroke dan kolestrol. Adapun cara merebus daun kersen untuk kolesterol menurut tradisi akan dijelaskan pada halaman ini. Kersen disebut juga Muntingia Calabura L, merupakan salah satu tanaman berbuah kecil dan manis berwarna merah cerah, dan masyarakat lebih mengenalnya sebagai buah ceri.

Masyarakat masih banyak yang menggunakan tanaman kersen sebagai sumber kayu bakar.  Kayunya digunakan untuk pembuatan konstruksi pedesaan, dan kulit kayu digunakan untuk membuat tali. Buah kersen dapat di olah menjadi selai dan manisan. Beberapa metode tradisional memaksimalkan cara merebus daun kersen untuk kolesterol, terutama pembuatan teh herbal. Pengobatan tradisional menggunakan daun kersen untuk mengatasi sakit kepala, masalah prostat, mengurangi tukak gastrik. 

Cara Merebus Daun Kersen

Manfaat daun kersen mungkin tidak begitu banyak dikenal orang sebagai herba. Tetapi menurut pengobatan tradisional, kulit kayu tanaman kersen digunakan sebagai antiseptik. Bunga kersen digunakan sebagai antiseptik, mengurangi pembengkakan, antispasmodik. Buah kersen bermanfaat untuk mengatasi masalah pernafasan, antidiarrheic.
Tanaman kersen sering disinggahi berbagai spesis burung karena dainggap sebagai sumber makanan, sumber nektar dan sebuk sari untuk perkembangan lebah. Kersen berpotensi sebagai spesies tanaman yang berguna untuk pemulihan daerah yang terganggu, dan menghentikan erosi tanah. Untuk lingkungan sekitar, kersen sangat berguna sebagai pohon perlindungan karena bentuknya yang teduh.

Tidak begitu banyak manfaat daun kersen yang dapat digunakan sebagai herbal. Adapun manfaat daun kersen dalam herba tradisional adalah sebagai berikut:

  • Digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit diabetes
  • Daun kersen sangat berguna sebagai anti-hipertensi, anti-inflamasi, dan anti-septik.
  • Daun kersen juga bermanfaat untuk mencegah kolestrol.



Cara merebus daun kersen untuk kolesterol dan diabetes adalah sebagai berikut: 

  • Manfaat daun kersen untuk pengobatan diabetes melitus: Ambil 10 lembar daun kersen yang masih segar. Rebus kedalam air 200 ml selama 15 menit hingga berwarna kuning. Untuk daun kersen yang sudah kering, dapat langsung diseduh hingga air berwarna kemerahan. Minum ramuan ini sehari sekali secara rutin hingga terjadi penurunan kadar gula.
  • Untuk pengobatan kolestrol, gunakan ramuan diatas dan minum air rebusan daun kersen tiga kali sehari. 



Beberapa orang mungkin akan mengalami efek samping dari air rebusan teh daun kersen, diantaranya ada yang mengalami alergi, gangguan pada ginjal, mual dan muntah. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel