Gejala Awal Penyakit Kanker Yang Harus Di Waspadai.... No 8 Paling Banyak di Spelekan!

Semakin cepat deteksi dan penanganan, maka kanker lebih mudah disembuhkan. Sayangnya, banyak orang menyepelekan gejala kanker dan baru menyadari mengidapnya setelah stadium lanjut.

Profesor Onkologi Medis Peter Johnson mengatakan, beberapa gejala kanker memang tampak kabur dan tidak spesifik. Gejala kanker mirip dengan penyakit biasa pada umumnya.

Berikut ini, 10 indikasi yang mengarah pada kanker, sebagaimana disitat News.com.

1. Benjolan di kulit

Benjolan di kulit paling umum disebabkan oleh peradangan. Namun, jika benjolan tak kunjung sembuh selama 2-4 minggu, sebaiknya jangan diabaikan. Periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah benjolan yang terjadi normal atau sebuah tumor. Benjolan akibat kanker biasanya terdapat di ketiak, selangkangan, atau sisi leher.

2. Banyak berkeringat pada malam hari

Kelebihan keringat pada beberapa orang merupakan hal normal. Namun, ini bisa juga merupakan indikasi dari penyakit limfoma, dan tumor yang bisa berkembang pada kanker getah bening.

"Orang-orang dengan limfoma memiliki metabolisme yang tinggi. Sel-sel limfoma menggunakan banyak energi. Saat semakin parah, maka keringat akan bercucuran," jelas pakar hematologi Dr Shankara Paneesha.

3. Mulas

Pernah merasa mulas setelah mengonsumsi makanan berlemak atau pedas? Jika ya, dan berlangsung lama (lebih dari 2-3 minggu), segera berkonsultasi ke dokter. Pada beberapa kasus, hal itu merupakan gejala kanker perut, kerongkongan, pankreas, dan ovarium.

4. Bercak merah

Menurut Bloomfield, bercak merah muda yang keluar dari vagina bisa menjadi indikasi awal kanker endometrium. Kanker ini meningkat di Australia seiring meningkatnya obesitas.

5. Intensitas buang air kecil tidak wajar

Pria lansia sering mengalami masalah buang air kecil akibat gangguan prostat. Untuk memastikan apakah itu berbahaya atau tidak, butuh pemeriksaan dokter lebih lanjut.

6. Sulit menelan

Stroke, cedera otak, dan kondisi medis lainnya dapat menyebabkan kesulitan menelan. Namun terkadang, ini menjadi gejala kunci dari kanker kepala dan leher, pita suara, kerongkongan, mulut, atau lidah. Indikasi lain yang merupakan gejala kanker, yakni nyeri di bagian belakang mulut.

7. Feses cair

Anda tidak sedang diare, namun feses Anda lebih cair. Segera berkonsultasi pada dokter jika kondisi ini berlangsung lebih dari dua minggu "Setiap perubahan mendadak pada kebiasaan buang air besar, termasuk sembelit, kadang-kadang menjadi indikasi kanker usus, ovarium, atau pankreas," jelas Johnson.

8. Nyeri punggung

Profesor Pippa Corrie dari Universitas Cambridge Hospitals menjelaskan, nyeri punggung merupakan salah satu gejala umum dari kanker pankreas. Sementara gejala klasik yang sering dialami adalah nyeri perut bagian atas yang menyebar ke seluruh bagian belakang.

9. Suara berubah parau

Jika suara anda menjadi parau atau serak, dan tidak sembuh dalam waktu dua atau tiga minggu, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter. Gejala ini biasanya menjadi indikasi kanker pita suara.

Begitu juga dengan batuk yang membandel, yang merupakan indikasi kanker paru-paru. Menurut Johson, batuk membadel atau memburuk juga harus diperiksa dengan sinar-X, terutama jika telah berlangsung selama lebih dari tiga minggu. Sebab, batuk yang tak kunjung sembuh bisa jadi indikasi kanker paru-paru.

10. Sariawan lama sembuh

Sariawan paling lama diderita selama satu minggu. Jika lebih dari itu, ada kemungkinan merupakan indikasi penyakit berbahaya. Periksa lapisan mulut, jika terdapat tanda putih yang tebal di lidah, maka segera konsultasikan kondisi Anda pada ahlinya.

Back To Top