ANAK SAKIT TAK HARUS KE DOKTER. Inilah 10 Tips yang jarang Dilakukan Orang Tua Ketika Anaknya Sakit.

Sebagai orang tua jika mendapati si kecil sakit, di jaman serba dokter ini sudah pasti akan dibawa ke klinik dokter untuk segera diperiksa dan diobati. Namun, banyak sekali para orang tua tidak menyadari bahwa jika anak sakit tidak melulu harus dibawa ke dokter.

Anak sakit tak harus ke dokter, sebuah sebuah ungkapan jika sang anak sakit setidaknya sebelum dibawa ke dokter ternyata ada beberapa tips dan cara untuk membantu menyembuhkan penyakit yang diderita si kecil. Penyakit seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, diare, sariawan, diare, sariawan dan lainnya masih bisa ditangani secara rumahan.

Berikut 10 tips yang jarang dilakukan orang tua ketika anaknya sakit, sebagaimana Rancah Post kutip dari media sosial Facebook di bawah ini.

Demam

Untuk mengatasi demam pada anak berikan baju tipis, kompres air hangat, balur tubuh dengan bawang merah, berikan madu dan air kelapa muda.

Pilek dan hidung tersumbat

Hirup uap air panas yang ditetesi minyak telon/minyak kayu putih. Jaga ruangan kamar agar tetap lembab dengan mematikan AC dan menyiapkan ember yang berisi air panas yang ditetesi minyak telon di sudut kamar. Untuk bayi bisa ditempeli di pelipisnya pala bubuk yang ditetesi minyak telon.

Batuk

Untuk mengatasi batuk pada anak bisa diberikan jeruk nipis dan madu, atau bunga belimbing ditambah madu, atau kencur yang diperas dan diberi madu.

Sakit tenggorokan

Ketika terjadi sakit tenggorokan anak akan cenderung susah makan karena sakit untuk menelan makanan. Untuk anak yang sudah besar bisa berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam, air garam mampu membunuh kuman dan mencegah peradangan. Meminum air hangat dengan perasan jeruk nipis dan madu mampu mengobati sakit tenggorokan akibat peradangan.

Diare

Ketika menghadapi anak diare yang harus dilakukan adalah member minum sebanyak-banyaknya untuk menggantikan cairan yang keluar sehingga tidak terjadi dehidrasi. Bisa diberikan oralit campuran air, garam dan gula. Daun jambu biji muda juga dipercaya mampu mengatasi diare. Lakukan diet BRATY (banana, rice, applesauce, toast/roti, yogurt).

Sariawan

Sariawan pada anak bisa disebabkan oleh kuman dan kurangnya kebersihan mulut, untuk mengatasi sariawan bisa menggunakan daun saga yang ditumbuk dan ditetesi madu lalu ditempelkan pada sariawan.

Cacingan

Cacingan banyak dialami oleh anak-anak, selain menggunakan obat cacing ternyata ada cara alami yang bisa digunakan untuk membunuh cacing dalam perut yaitu petai, kandungan belerang dan tannin pada petai mampu membunuh cacing dalam perut dan mengeluarkannya melalui tinja anak.

Mengobati luka lecet

Dari yang tersayat pisau saat memotong bahan-bahan makanan di dapur, atau lecet karena terjatuh bisa disembuhkan dengan madu. Selain kaya nutrisi, madu murni juga berkhasiat sebagai disinfektan. Oleskan sedikit madu murni pada bagian yang luka, diamkan selama beberapa menit lalu ulangi mengoleskannya beberapa kali dalam sehari.

Bisul

Untuk mengatasi bisul pada anak bisa menggunakan daun bayam duri yang digiling dan ditambahkan madu lalu tempelkan pada bisul. Setelah bisul kering oleskan putih telur dan madu untuk menghilangkan bekas bisul sehingga kulit mulus kembali.

Mengatasi anak susah makan

Untuk mengatasi anak susah makan berikan herbal berupa temulawak, temulawak mampu merangsang nafsu makan pada anak.
Back To Top