Jangan Anggap Sampah, Ini Dia Manfaat Dahsyat Kulit Bawang Merah Yang Wajib Anda Ketahui !

Banyak orang masih menganggap kulit buah maupun sayur sebagai sampah dapur. Menurut data studi tahun 2011 di Eropa limbah bawang merah sekitar 500.000 ton per tahun. Ini merupakan jumlah yang sangat banyak.


Padahal ahli gizi telah menyarankan untuk tidak membuang kulit buah-buahan dan sayuran. Karena diketahui memiliki sejumlah manfaat. Salah satunya kulit bawang merah yang menyimpan sejumlah manfaat bagi manusia. 

Meski kulit tak bisa dimakan layaknya bagian dalam bawang merah, masukkan saja kulit bawang merah yang telah dicuci bersih ke dalam air saat memasak sop atau masakan lain. Aroma maskan yang dhasilkan akan wangi dan manfaat kulit bawang bisa dirasakan tubuh.
Bagaimana mau mencoba? Tak ada ruginya kok kalau dicoba. Berikut ini adalah beberapa manfaat luar biasa dari kulit daun bawang yang sering kita anggap sampah dapur.

Mengobati berbagai penyakit

Kulit bawang merah mengandung quercetin dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, menurunkan gula darah dan mengurangi peradangan. Penyumbatan pembuluh darah bisa menyebabkan penyakit kronis seperti darah tinggi dan stroke. Kandungan quercetin juga dinilai efektif mengobati deman dan flu. 

Menyembuhkan kaki kram

Manfaat kulit bawang bisa menyembuhkan kaki yang mengalami kram. Mengobati kaki kram menggunakan kulit bawang merah caranya mudah. Rebus kulit bawang merah dalam air tunggu 10-20 menit. Kemudian singkirkan sisa kulit bawang yang telah direbus. Lalu minum air rebusan sebelum tidur selama seminggu untuk mengobati kaki kram.

Insektisida alami

Kulit bawang merah mengandung senyawa acetogenin bersifat mematikan bagi serangga. Senyawa ini menyerang organ-organ pencernaan yang mengganggu proses pencernaan pada serangga. Caranya rebus kulit bawang merah lalu semprotkan ke tubuh serangga.

Pewarna alami

Kulit bawang pun dapat diolah menjadi pewarna alami dengan cara merebus dan air rebusannya. Air rebusan inilah yang kemudian digunakan sebagai pewarna.


Bahan baku kerajinan

Manfaat lain dari kulit bawang merah bisa digunakan sebagai bahan baku kerajinan. Sebelum digunakan kulit bawang sebaiknya dijemur di bawah sinar matahari ataupun di oven untuk mengurangi kadar air. Setelah itu kulit bawang merah bisa diaplikasikan untuk dibuat sebagai karya seni.

Penyubur tanaman 

Rendaman kulit bawang merah bisa dimanfaatkan sebagai penyubur tanaman. Ambil beberapa lembar kulit bawang, kemudian rendam kulit bawang semalaman. Esok harinya air rendaman berikut kulit bawang bisa disiramkan ke tanaman sebagai pupuk alami.

Selain bermanfaat bagi lingkungan serta tubuh. Kulit bawang merah ternyata bisa menjadi pundi-pundi uang jika digunakan secara bijak. Nah mulai sekarang jangan dibuang ya, tapi coba di manfaatkan !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel